Ini Dia 8 Cara Efektif Mencegah Laptop dari Serangan Virus

Cara mencegah laptop dari serangan virus adalah referensi yang wajib kita ketahui sebelum memiliki laptop ataupun setelah membelinya. Mengetahui cara mencegah barang elektronik ini dari serangan virus adalah sesuatu yang penting yang harus kita ketahui mengingat pentingnya laptop dalam kehidupan sehari-hari. Bagi para pelajar dan mahasiswa laptop seringkali dipakai untuk menyelesaikan tugas dan juga mencari referensi via internet. Bagi para intelektual seperti guru dan dosen biasanya menggunakan laptop untuk input data, membuat penelitian, dan juga untuk browsing data. Dan, saat ini banyak pula jenis laptop yang bisa dipakai untuk gaming yang gunanya adalah untuk refreshing dan biasanya dipakai oleh anak-anak. Apapun fungsinya, saat laptop sudah terserang virus maka kita akan merasa bad mood bukan main. Untuk itulah, cara mencegah laptop dari serangan virus perlu kita ketahui sebagai tindakan antisipatif agar laptop kesayangan kita tidak mengalami masalah ini. Ini tidak lain karena laptop dan sejenisnya telah menjadi bagian dari gaya hidup modern yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, laptop saat ini sudah memberikan fungsi ekonomis seperti sebagai modal bisnis online dan juga menjadi freelancer online khususnya dalam dunia penulisan dan juga blogging.

Darimana Datangnya Serangan Virus?

Antara virus yang menyerang manusia dan virus yang menyerang laptop dan sejenisnya tentunya seratus persen berbeda. Virus yang menyerang manusia adalah benda hidup sedangkan virus yang menyebabkan bahaya pada komputer tidak lain adalah karena kesalahan user. Ada cukup banyak indikasi bahwa virus sedang bersarang pada laptop atau komputer Anda, diantaranya adalah:
-               Lola alias loading alam
-               Baterai cepat sekali habis
-               Komputer hardware contohnya processor dan juga hard disk laptop cepat panas yang akhirnya akan memperpendek masa pakai dari barang teknologi itu sendiri.
Tentunya, saat laptop dan sejenisnya terserang virus maka pekerjaan kita akan terbengkalai dan akan mengurangi produktivitas kita. Untuk itu, cara mencegah laptop dari serangan virus berikut ini perlu Anda terapkan segera untuk mengantisipasi agar laptop dan sejenisnya tidak mengalami masalah yang serius.

Cara Cerdas Mencegah Laptop dari Serangan Virus

1.             Waspadalah pada Flash Disk, Memory Card dan yang Sejenis

Salah satu media bagi virus untuk berpindah dengan cepat dari satu tempat ke tempat yang lain adalah melalui penggunaan perangkat non permanen seperti hard disk eksternal ataupun flash disk. Biasakan untuk menyecan secara sempurna setiap flash disk yang akan Anda masukkan dan juga saat akan mencabut perangkat tersebut dari laptop atau komputer Anda. Adapun jenis virus yang biasanya ada dalam flash disk adalah autorun virus yang parahnya lagi tidak bisa di delete dengan free antivirus. Indikasi dari virus ini adalah terletak di bagian jendela depan flash disk dimana para pengguna harus ekstra hati-hati dalam melanjutkan ke tahapan selanjutnya ketika menggunakan perangkat ini.

2.             Hati-hati saat mendownload

Fakta membuktikan bahwa laptop atau komputer yang jarang atau bahkan tidak pernah terkoneksi internet umumnya lebih rendah potensinya untuk terserang virus. Beda halnya dengan laptop atau komputer yang sering dipakai download apalagi downloadnya sembarangan. Virus yang masuk dalam laptop ataupun komputer karena downloading process biasanya adalah virus-virus berbahaya seperti troan dan juga worm. Untuk itu, usahakan untuk tidak mendownload sembarangan dengan cara mendownload hanya dari sumber yang kredibel. Akan lebih baik jika Anda menggunakan website yang berbayar untuk sumber download dibandingkan Anda harus mendownload di website tidak jelas dan rawan virus berbahaya. Jika kesulitan, tanyalah di forum user di internet mengenai tempat download yang save dari virus. Agar lebih aman lagi, selalu lindungi laptop atau komputer Anda dengan mengaktifkan firewall.

3.             Pakailah Deep Freeze

Deep Freeze adalah program yang sengaja dirancang untuk mengatasi masalah akibat human error  ataupun karena virus berbahaya. Program ini baik untuk digunakan saat komputer atau laptop Anda seringkali terkoneksi internet atau jika perangkat tersebut sering kali terhubung dengan flash disk ataupun memory card. Deep Freeze juga sangat aman dalam menjaga perangkat elektronik dari berbagai ancaman virus seperti untuk kebutuhan warnet. Singkat cerita, Deep Freeze digunakan untuk mengembalikan kondisi laptop ke kondisi semula utamanya setelah terserang virus. Adapun kelemahan dari program ini adalah tidak bisa menyimpan file yang ada di partisi dimana program ini disimpan. Misalkan saja Anda menyimpan program Deep Freeze di partisi C, maka seluruh file di Disk C akan hilang. Untuk itu, pindahkan terlebih dahulu isi dari disk C tersebut ke disk D ataupun yang lain.

4.             Aktifkan Firewall Selalu

Firewall adalah penjaga yang akan selalu standby khususnya saat laptop atau komputer Anda senantiasa terhubung dengan jaringan internet. Firewall layaknya tembok penghalang yang akan memproteksi perangkat dari serangan virus. Firewall jugalah yang akan memutuskan apakah perangkat akan bisa terkoneksi dengan jaringan ataukah tidak. Ini adalah penghalang yang akan melindungi perangkat dari malware, virus, dan juga hacker yang bernita buruk melalui jaringan internet. Efektif tidaknya firewall bergantung pada konfigurasi laptop dan juga cara user memakai filter setting.

5.             Lakukan kompresi

Jika file-file penting Anda tersimpan di word, Excel, ataupun .exe maka segeralah kompres file penting tersbeut dalam format RAR, ataupun ZIP dengan tujuan agar virus tidak mengintervensi file-file penting Anda. Peluang virus untuk menyebar jika file dalam laptop atau komputer di kompresi akan lebih kecil dan data penting Anda pun akan lebih aman. Pastikan Anda selalu rutin melakukan kompresi untuk memperkecil peluang data penting Anda akan hilang.

6.             Matikan Autorun

Pastikan fitur autorun yang ada pada laptop atau komputer Anda selalu dalam kondisi off. Sungguh, fitur ini tidak hanya berfungsi untuk menjalankan program agar berjalan dengan baik secara otomatis, rupa-rupanya fitur ini juga mampu mengintervensi file .exe tanpa diketahui oleh user.

7.             Mengubah ekstensi file

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah laptop terserang virus adalah dengan merubah file yang berekstensi .doc atau .excel ke ekstensi .rtf yang lebih jarang terserang virus. Biasanya file yang telah terinfeksi virus akan langsung berubah menjadi ekstensi .exe yang sulit untuk dihapus begitu saja. Jika file yang terinfeksi sudah cukup banyak maka user mau tidak mau harus menginstal ulang perangkat elektroniknya.

8.             Gunakan Kombinasi antivirus

Gunakan kombinasi dua antivirus sekaligus pada laptop atau computer Anda. Kombinasi anti virus yang bagus adalah satu berasal dari luar negeri sedangkan yang lain adalah antivius local. Jika hanya menggunakan salah satu antivirus saja, maka kemungkinan besar akan ada virus yang lolos.
Jika kedepalan cara mencegah laptop dari serangan virus diatas Anda terapkan mulai saat ini juga, maka besar kemungkinan perangkat elektronik yang Anda miliki akan lebih awet.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia 8 Cara Efektif Mencegah Laptop dari Serangan Virus"

Posting Komentar