Tutorial Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula

Membuat aplikasi android ternyata bisa dilakukan oleh siapa saja. Keberadaan aplikasi inilah yang membuat keberadaan ponsel android menjadi semakin merajalela. Seperti yang kita tahu, keberadaan ponsel android mulai mencuri perhatian karena kemudahannya untuk dipasangi aplikasi sesuai dengan keinginan dari penggunannya. Keberadaan ponsel ini menjadi makin populer karena banyaknya aplikasi-aplikasi yang memiliki nilai guna yang tinggi bagi para pengguna ponsel android. Banyaknya pengguna ponsel dengan operating system android ini juga menyebabkan semakin hari semakin banyak orang yang berkontribusi untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi ini.
Bukan cuma-cuma para developer aplikasi memberikan aplikasi gratis untuk ponsel anda. Para developer ini ini juga mendapatkan banyak suntikan dana dari para pengguna aplikasinya dengan cara menerapkan harga pada aplikasi yang dimilikinya. Banyaknya jumlah uang yang di dapat dari perolehan penjualan atau download aplikasi ini menyebabkan perkembangan aplikasi android menjadi makin pesat. Hal ini merupakan kabar baik bagi anda yang memiliki kemampuan untuk coding program. Anda hanya perlu mencari ide yang baik untuk konsep program anda setelah itu anda hanya perlu menerjemahkannya pada bahasa pemrograman yang compatible untuk android setelah itu anda hanya perlu menunggu pihak google play memberikan kompensasi pada anda.

Membuat aplikasi atau program untuk ponsel android memang dapat memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya jumlah uang yang banyak yang bisa anda dapatkan, anda yang memiliki pekerjaan tetap juga bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan karena pekerjaan ini bisa dilakukan setelah anda bekerja di kantor. Jam kerja yang fleksible membuat pekerjaan sebagai program developer android ini menjadi semakin menarik untuk dicoba.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk membuat aplikasi untuk ponsel android, salah satu syarat yang perlu anda penuhi adalah kemampuan anda dalam melakukan coding program. Akan tetapi melakukan coding program ini tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah profesional. Bagi anda yang belum memiliki pengalaman anda juga bisa membuat aplikasi android yang dapat memberikan keuntungan pada anda. Lalu bagaimana cara untuk membuat aplikasi android bagi para pemula? Berikut ini adalah beberapa step awal yang bisa anda lakukan untuk memulai pekerjaan sampingan anda sebagai program developer untuk ponsel android.
Untuk membuat aplikasi android yang berjalan dengan normal, ada beberapa hal dasar yang perlu anda perhatian, diantaranya adalah :

Dasar input user

Ketika anda akan membuat aplikasi android untuk di edarkan atau di jual melalui play store, salah satu hal yang wajib anda perhatikan adalah mengenai input user. Ketika anda akan membuat input user, pertama anda perlu mempelajari mengenai pembangunan layout dari aplikasi anda. Untuk membuatnya, pertama anda bisa membuat sketsa terlebih dahulu. Sketsa ini harus disesuaikan dengan layar ponsel anda sehingga memudahkan anda dalam mengaplikasikannya ke program. Setelah sketsa anda jadi, maka step selanjutnya adalah membuat layout dengan menggunakan XML markup. Jadi berdasarkan kegunaannya, XML markup adalah salah satu bahasa pemrograman yang wajib anda pelajari. Pembelajaran pembuatan layout dengan XML markup ini bisa anda lakukan sambil berjalan dalam pembuatan profram pertama anda. Setelah itu anda perlu menentukan user interface dalam aplikasi anda. Untuk membuat aplikasi yang baik anda perlu mengetahui dasar building block dari aplikasi android yang akan anda buat oleh karena itu anda perlu menari tahu terlebih dahulu mengenai hal ini.
Selain mempelajadi XML markup, program yang anda akan buat nantinya merupakan program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, anda bisa menggunakan Android Studio untuk membuat aplikasi pertama anda.

Multi screen

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin membuat aplikasi android adalah dengan mengetahui cara untuk membuat multi screen pada aplikasi anda. Untuk membuat multi screen dalam aplikasi anda, salah satu bahasa yang bisa anda pelajari adalah Miwok. Dalam membuat multi screen ini anda harus memperhatikan komponen-komponen penunjang aplikasi anda mulai dari penggunaan gambar, audio, data-data hingga library. Dalam membuat komponen-komponen dari aplikasi yang anda buat, pastikan bahwa audio data dan juga gambar yang anda gunakan memuaskan bagi para konsumen. Misalnya ketika anda membuat sebuah game gunakan gambar yang dapat memberikan animasi terbaik dan juga audio yang additive untuk membuat para pemain game anda menjadi lebih bersemangat bermain dan tidak mudah meninggalkan permainan yang anda buat.

Networking

Hal yang lain dan yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah aplikasi android adalah jaringan. Ya saat ini anda akan sangat jarang menemukan aplikasi yang tidak memerlukan jaringan untuk mengaksesnya. Aplikasi yang terhubung dengan jaringan menjadi lebih menarik daripada aplikasi offline karena memang dapat memberikan lebih banyak manfaat dan kemudahan bagi para pengguna aplikasi tersebut. Jika anda akan membuat aplikasi android, maka anda perlu mempelajari beberapa hal yaitu web Api, Json dan juga format respon HTTP.

Penyimpanan

Siapa yang ingin bermain game tapi data permainan mendadak hilang karena ponsel yang tiba-tiba mati? Andapun tidak ingin mengalaminya bukan? Oleh karena itu ketika anda akan membuat aplikasi android, pastikan aplikasi yang anda bangun memiliki sistem penyimpanan data yang kuat. Penyimpanan data dalam sebuah aplikasi android dapat dilakukan dengan mengunakan database SQlite. Ketika anda akan menggunakan database ini anda perlu memperhatikan efisiensi penggunakan tabel database sehingga anda perlu mengetahui dengan baik bagaimana cara membaca, mengubah dan juga menghapus data pada database yang anda gunakan dalam aplikasi anda.

Seperti yang telah disebtukan sebelumnya, siapa saja sebetulnya bisa membuat aplikasi android.  Akan tetapi memang dibutuhkan beberapa keahlian dalam bahasa pemrograman untuk mempermudah anda untuk melakukan pemrograman tersebut. Oleh karena itu akan lebih baik bagi anda untuk mencoba membuat aplikasi-aplikasi sederhana terlebih dahulu untuk membantu anda mempelajari bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam membuat aplikasi android.  Jika anda membuat aplikasi android yang sederhana dan lebih simple, maka kode yang akan digunakan juga lebih pendek. Hal ini membuat pengenalan anda terhadap kode menjadi lebih mudah. Selain itu error yang anda dapatkan juga lebih sedikit jumlahnya sehingga anda bisa lebih mengetahui jenis-jenis error dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Membuat aplikasi android memang tidak bisa sembarangan. Hal utama yang perlu dilakukan bukanlah mempelajari program dan bahasa pemrograman yang akan digunakan, akan tetapi hal utama yang perlu diperhatikan adalah ide program atau aplikasi yang akan anda tawarkan pada masyarakat pengguna gadget. Muncullah dengan aplikasi yang memiliki nilai guna yang tinggi. Aplikasi yang memiliki nilai guna yang tinggi dalam membantu konsumen akan memberikan anda lebih banyak perhatian. Tapi selain memiliki ide, gunakan bahasa pemrograman dengan baik sebagai penunjang ide brilian anda mengenai aplikasi ponsel android anda. UI yang unggul, aplikasi yang ringan dan tidak membuat ponsel lelet merupakan kunci membuat aplikasi android yang baik dan mendapatkan simpati dari masyarakat

Sumber foto: Flickr

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula"

Posting Komentar