Jenis Error pada Laptop dan Cara Mudah mengatasinya

Mengatasi masalah pada laptop sebetulnya tidak perlu dibawa panik karena ada beberapa masalah pada laptop anda yang bisa anda selesaikan sendiri. Memang, selain ponsel, laptop merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan modern. Laptop mempermudah penggunanya untuk melakukan aktivitas digital kapan saja dan dimana saja sesuai dengan keinginannya baik itu untuk urusan entertainment atau untuk urusan pekerjaan. Semuanya dapat dengan mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja jika anda memiliki laptop. Meski banyak digunakan, laptop adalah perangkat teknologi, jadi ketika mengalami masalah tidak semua orang bisa memperbaikinya. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki masalah yang ringan pada laptopnya tapi tidak bisa melakukan pekerjaan karena tidak mengerti mengatasi masalah pada laptop yang dimilikinya. Sebetulnya ketika mengalami masalah pada laptop, anda tidak perlu panik, karena masalah pada laptop ada beragam ada yang mudah untuk diatas dan ada juga yang sulit untuk diselesaikan. Untuk masalah-masalah yang ringan anda bisa mencari jalan keluar sendiri terlebih dahulu. Jika memang tidak bisa diselesaikan, maka cara mengatasi masalah pada laptop yang paling tepat untuk dilakukan baru mencari bantuan dari profesional. Lalu apa saja masalah pada laptop yang bisa anda selesaikan sendiri dan bagaimana caranya? Mari simak ulasan berikut ini mengenai cara mengatasi masalah pada laptop sesuai dengan problem yang dimilikinya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika anda mengalami masalah pada laptop anda, anda jangan langsung merasa panik. Lalu apa yang harus anda lakukan? Hal yang harus anda lakukan adalah mencari solusinya sendiri terlebih dahulu. Mencari solusi tidak bisa dilakukan sembarangan. Perhatikan dahulu masalah yang terjadi pada laptop anda baru setelah itu anda bisa mencari solusi yang tepat agar komputer anda dapat berfungsi dengan baik kembali. Lalu apa saja masalah pada laptop yang bisa anda atasi sendiri? Berikut ini adalah beberapa masalah yang bisa terjadi pada laptop anda yang bisa anda usahakan sendiri cara perbaikannya.

Layar biru atau blue screen

Sering kali, ketika muncul layar biru pada laptopnya, seseorang menjadi panik dan sesegera mungkin membawa laptopnya ke tempat reparasi. Meski solusi lebih mudah dari cara ini adalah dengan mengatasi lewat reparasi, tapi hal ini akan menunda pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Ketika layar laptop anda muncul layar berwarna biru dengan tulisan-tulisan, ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya. Salah satunya adalah disebabkan karena status image checksum yang tidak cocok. Hal ini disebabkan karena terjadinya error atau kerusakan dalam file swap di komputer anda. Selain itu hal ini juga bisa disebabkan karena driver anda yang rusak. Selain disebabkan karena status image checksum yang tidak cocok, layar biru juga bsia disebabkan karena memori yang rusak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika masalah pada laptop anda berupa layar biru ini disebabkan karena status image yang tidak sesuai, maka cara yang bisa dilakukan untuk membetulkannya adalah dengan masuk ke safe mode. Setiap laptop memiliki shortcut untuk safe mode yang berbeda-beda. Safe mode akan membantu anda untuk menggunakan komputer anda dengan aman. Untuk memasuki mode ini, dapat anda lakukan dengan menekan tombol F8 ketika laptop anda melakukan booting. Setelah masuk ke safe mode gunakan recovery system ke waktu ketika laptop anda dapat beroperasi dengan normal.

Laptop yang macet saat digunakan

Salah satu masalah yang sering kali dialami oleh para pengguna laptop adalah masalah laptop yang mendadak mati ketika digunakan. Mendadak mati artinya bisa benar-benar mati atau hanya berhenti bekerja atau hang. Ketika laptop berhenti bekerja, maka jangan lakukan apapun. Biarkan selama beberapa menit. Jika laptop anda tetap tidak bekerja, maka carilah pembersih kipas laptop. Laptop yang mati mendadak atau berhenti beroperasi secara tiba-tiba bisa dsebabkan karena processor yang digunakan mengalami peningkatan suhu. Hal ini bisa disebabkan karena kipas tidak bisa bekerja dengan maskimal karena pengaruh debu atau tersumbat hal lainnya. Ketika kipas tidak bekerja dan baik, maka processor akan menjadi panas, akibatnya processor akan memaksa laptop untu mati atau berhenti bekerja.

Black screen

Salah satu masalah lain yang serin dihadapi oleh para pengguna laptop adalah masalah layar hitam adalah black screen atau layar hitam. Black screen atau layar hitam merupakan sebuah kondisi dimana laptop anda tidak mampu melakukan booting sehingga memunculkan layar hitam. Laptop yang tidak bisa melakukan booting ini bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah disebabkan karena komputer mati secara tiba-tiba tanpa melalui proses yang sewajarnya. Jika hal ini terjadi, maka anda hanya perlu menekan tombol “start windows normally”. Selain karena masalah itu, masalah black screen juga bisa disebabkan karena hal lainnya. Mulai dari komponen yang rusak, software atau driver baru yang error, memori rusak atau karena laptop terkena virus. Ketika laptop anda mengalami black screen, dan baru-baru ini anda melakukan instalasi aplikasi, maka komputer anda bisa saja mengalami crash karena aplikasi atau driver tidak diinstal dengan benar atau memang karena kerusakan laptop anda. Oleh karena itu langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah black screen ini adalah masuk ke safe mode. Di safe mode anda langsung menggunakan menu repair your computer. Ketika anda menggunakan menu ini, maka langkah selanjutnya anda perlu memasukkan password dan juga username administrator yang digunkan dalam laptop anda. Setelah itu pilih menu start repair lalu ikuti langkah yang ditunjukkan dengan menekan tombil next hingga sistem di perbaiki.

Selain menggunakan cara repair, anda juga bisa melakukan recovery sistem dari komputer anda bisa memilh salah satu poin-poin yang dibuat secara otomatis oleh komputer anda pada saat anda melakukan perubahan pada komputer anda. Pilihlah poin dimana komputer anda masih dalam keadaan yang baik sehingga laptop anda dapat berjalan seperti normal seperti sebelumnya. Jika cara ini tidak bisa mengatasi masalah pada laptop anda, maka anda bisa langsung ke tempat-tempat perbaikan komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan karena salah satu hardware anda mengalami masalah, kemungkinan anda harus melakukan service atau penggantian pada salah satu hardware anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika komputer anda mengalami masalah seperti mati, black screen atau blue screen cobalah terlebih dahulu mencari penyebabnya. Siapa tau hal-hal ini hanya disebabkan karena masalah yang sepele. Jika pada layar anda muncul pesan-pesan error, maka anda bisa mencari makna dari pesan error tersebut terlebih dahulu setelah itu anda bisa mendapatkan penyebab dari masalah komputer anda. Jika masalah sudah ditemukan, maka anda bisa mencari cara untuk mengatasi masalah pada laptop tersebut apakah itu dengan memperbaikinya sendiri atau dengan membawa laptop anda ke klinik laptop untuk mengatasi masalah pada laptop  tersebut

Sumber Foto: Flickr

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Error pada Laptop dan Cara Mudah mengatasinya"

Posting Komentar