Cara Mengaktifkan Bluetooth Pada Laptop Anda

Mengaktifkan Bluetooth pada laptop ini merupakan cara yang susah- susah gampang. Selain itu kebanyakan orang juga jarang menggunakan Bluetooth pada laptopnya dengan alasan tidak perlu menggunakan Bluetooth karena lebih mudah menggunakan kabel data, selain itu alasan seseorang malas untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop nya juga karena telah pernah mencobanya beberapa kali namun Bluetooth pada laptop tak juga bisa digunakan atau tidak bisa ditemukan. Meskipun memindahkan data dari Handphone ke laptop Anda atau sebaliknya memindahkan data dari laptop ke handphone Anda lebih mudah dengan menggunakan kabel data, namun tidak menutup kemungkinan Anda juga akan menemukan kendala. Seperti kabel data yang Anda gunakan akan cepat sekali rusak, dan handphone Anda juga cepat rusak dikarenakan bagian colokan pada handphone akan mudah longgar. Terlebih lagi jika Anda mengganti kabel data dengan yang baru dengan cara membelinya. Selain Anda harus meronggoh kocek, juga sering sekali kabel data sekarang ini beredar dan dijual tidak begitu bagus kualitasnya, sehingga dikhawatirkan Anda harus mengganti dan membeli kabel data terus menerus, dan tentu saja ini sangat merugikan Anda. Nah inilah beberapa alasan yang menjadikan orang malas dan merasa sulit untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop. Namun jangan khawatir, karena berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda.

Langkah Pertama

Pastikan Anda mengecek terlebih dahulu apakah laptop yang saat ini Anda gunakan sudah memiliki Bluetooth bawaan, atau Anda menggunakan Bluetooth portable hal ini guna memudahkan Anda untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda.  Setelah Anda memastikannya, Anda juga harus menngecek apakah Bluetooth pada laptop Anda sudah aktif atau tidak pernah aktif sama sekali. Hal ini penting Anda ketahui karena dibeberapa jenis laptop dengan merek yang berbeda ada tombol dan juga lampu indikator yang menandakan bluetooth. Tetapi di beberapa laptop dengan merk lainnya juga biasanya tombol dan lampu indikator yang menandakan Bluetooth bersamaan dengan indikator wifi.

Langkah Kedua

Setelah Anda mengetahui langkap pertama. Pastikan juga bahwa pada laptop Anda apakah sudah lengkap pop up Bluetooth dengan menunya seperti menu “ Add a device, Allow a device to connect, Show Bluetooth device, Join a personal area netrwork, Open setting, Turn adafter off, remove Icon”.  Jika semua menu tersebut sudah lengkap pada laptop Anda tentunya ini akan memudahkan Anda untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda. Namun jika pop up menu Bluetooth tersebut belum lengkap ada baiknya Anda terlebih dahulu melengkapinya dengan cara membuka control panel pada menu start dan arahkan masuk kehalaman control panel. Pada beberapa laptop akan menampilkan halaman atau menu control panel berupa view  category atau small icons atau juga large icons. Lalu Anda harus mengklik pada halaman control panel tersebut dengan menu Devices Manager. Setelah Anda mengklik menu Devices manager, Anda akan masuk pada halaman devices manager dan menemukan menu Bluetooth. Lalu langkah selanjutnya Anda harus mendownload aplikasi Bluetooth. Anda bisa mendownloadnya di internet dengan mengetik nama perangkat bluetoothnya. Karena masing-masing laptop punya nama perangkat Bluetooth yang berbeda juga. Seperti beberapa laptop dengan nama perangkat Bluetooth Qualcomm Atheros QCA9565 Bluetooth. Pastikan bahwa Anda tidak salah dalam mencari nama perangkat Bluetooth Anda dengan mengetik url atau alamat web yang benar agar memudahkan Anda untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop

Langkah Ketiga

Setelah Anda mencari dan mengetik nama perangkat Bluetooth tersebut dengan url atau alamat web yang benar. Maka akan muncul tampilan dalam bentuk table. Dalam table tersebut akan muncul beberapa jenis dan type dari nama Bluetooth yang Anda cari dan juga akan ukuran bit nya. Anda juga harus memastikan ukuran laptop atau windows 7 Anda memiliki ukuran berapa bit, apakah berukuran 32 bit atau 64 bit. Karena biasanya ukuran bit pada windows 7 Anda juga sangat berpengaruh sekali dalam mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda. Jangan sampai keteledoran Anda menyebabkan Anda bekerja dua kali nantinya. Dan setelah Anda menemukan aplikasi Bluetooth yang tepat sesuai dengan jenis laptopdan nama perangkat pada laptop Anda , klikah tombol bulat yang memiliki tanda panah kebawah pada table tersebut dan kemudian kliklah tombol yang menunjukkan ukuran yang sesuai dengan bit windows yang dimiliki oleh laptop Anda.

Langkah Keempat

Setelah Anda mengkilk tombol yang sesuai dengan ukuran bit windows laptop Anda, Maka akan muncul 
tampilan halaman download aplikasi  dalam bentuk table yang terdiri menu version, OS, Release, Status, File dan downloaded dari lalu Anda harus mengklik Download Driver. Kalau Anda asudah mengkliknya satu kali dan belum juga bisa, cobalah untuk mengkliknya dua kali lagi, karena biasanya untuk mengdownloadnya harus dilakukan dengan dua kali klik sebelum terdownload. Jika Anda sudah berhassil mendownloadnya, maka segera lakukanlah install pada laptop Anda. Jika Anda sudah berhasil menginstalnya, pastikan Anda untuk segera mengecek apapkah pop up menu Bluetooth Anda sudah muncul menu bluetoothnya dan apakah sudah lengkap seperti yang Saya sebutkan pada langkah kedua. Nah, jika sudah lengkap, silakan Anda menklik menu “ Add a Device” dan pastikan utnuk tidak lupa mengaktifkan juga menu Bluetooth yang ada di handphone Anda dan ini memudahkan Anda untuk mensinkronisasikannya.

Langkah Kelima

Setelah Anda berhasil mengklik menu “Add a Device”, maka akan muncul tampilan di laptop Anda dengan tulisan Select a device to add to this computer. Dan juga akan muncul nama Bluetooth yang ada di handphone Anda. Misalnya nama Bluetooth Anda adalah “Happy”, maka Anda harus meng klik nama Bluetooth tersebut. Setelah itu, jika Anda sudah mengkliknya maka pada laptop Anda akan muncul tampilan compare pairing code, ini merupaka sebuah kode singkronisasi antara handphone Anda dan juga laptop Anda. Karena biasanya setiap laptop akan berbeda kodenya. Lalu Anda harus mengklik “next” pada layar laptop dan akan muncul pop up singkorinasi pada layar handphone Anda dan klik “accept/terima” pada layar handphone Anda. Setelah Anda berhasil mengkliknya maka laptop Anda dan juga handphone Anda sudah mulai terhubung, tentu saja ini akan memudahkan Anda untuk memindahkan berbagai data baik foto,video dan lagu dari laptop ke handphone Anda atau sebaliknya dengan menggunakan Bluetooth alias tanpa menggunakan kabeldata lagi. Namun perlu juga Anda perhatikan bahwa pada halaman atau toolbar laptop Anda akan muncul pop up status koneksi Bluetooth laptop Anda dengan Bluetooth handphone Anda. Pastikan Anda menunggu sampai muncul tampilan “Your Device is Ready to Use”. Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Bluetooth Pada Laptop Anda"

Posting Komentar